SMA An-Nur Bululawang Malang

d/a. PP. An-Nur 2 "Al Murtadlo" Jl. Raya Bululawang 65171

Mencetak Sholihin & Sholihat

Perkuat Akademik Siswa Lewat Try Out Bidang Studi Jurusan

Rabu, 12 Juli 2023 ~ Oleh humas sma annur ~ Dilihat 672 Kali

Kelas Idaman merupakan program kelas unggulan yang ada di SMA An Nur Bululawang. Setiap tahunya pengurus kelas idaman merancang program-program yang dapat mengembangkan potensi siswanya baik dari akademik maupun non akademik. Mengingat, siswa yang masuk di kelas ini merupakan anak-anak pilihan lewati hasil seleksi seperti seleksi akademik, kepribadian dan kemampuan berbahasa asing. Salah satu program pengembangan akademik yang telah dilaksanakan selama ini adalah try out bidang studi jurusan.

Menurut Irsyadul Ibad Ketua Program Kelas Idaman SMA An Nur, menuturkan, setiap program yang ada di kelas idaman mengarah pada dua hal yaitu pada pengembangan bidang akademik maupun non akademik. Pengembangan akademik direalisasikan lewat pengembangan bidang studi jurusan (PBSJ) untuk anak-anak kelas XII, kelas XI ada kelas Olimpiade, terus dari segi jurusan-jurusan IPS hari ini ada galeri investasi edukasi, di bahasa ada panggung sastra yang di mana arahnya menjadi sarana praktek.  Pada ranah  non akademik ada program pengembangan bahasa asing dan program ekstrakurikuler yang domainnya itu kebahasaan baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab, jelasnya.

“Pada umumnya secara garis besar program idaman mengarah pada  pengembangan bidang akademik. Hal tersebut yang melatarbelakangi adanya program try out bidang studi jurusan di kelas Idaman. Try out dilaksanakan dua kali dalam satu semester baik kelas XI  dan kelas XII cuman konteksnya nanti akan berbeda. Untuk kelas XII  try out dilatarbelakangi oleh ditiadakannya ujian nasional yang kemudian diganti dengan AKM. Lewat AKM, pemerintah menginginkan anak-anak  memiliki kemampuan dasar di bidang literasi dan juga numerasi,imbuhnya”.

Sebelum try out anak-anak dijadwalkan mengikuti pengembangan bidang studi jurusan  yang di jadwal 2 kali dalam satu bulan. Adapun  mata pelajaran yang dikembangkan adalah matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, sosiologi, geografi, ekonomi, bahasa Arab, bahasa Inggris,  sastra Indonesia dan juga Tik. Untuk profil tutornya sendiri adalah alumni-alumni  ataupun mahasiswa aktif dari perguruan tinggi ternama di Malang seperti Universitas Islam Negeri Malang, Universitas  Negeri Malang, Universitas Brawijaya Malang dan Polinema.

Harapannya, lewat kegiatan try out anak-anak bisa terlatih dalam meningkatkan kemampuannya dalam literasi maupun numerasi. Kemampuan tersebut bisa jadi modal mengikuti sekian macam tes seleksi di tingkat lanjut seperti perkuliahan ataupun profesi. Dengan melihat kondisi yang ada sekarang, kemampuan utama yang diujikan adalah kemampuan di bidang literasi dan numerasi. Bagi  kelas XI try out ini bisa menjadi peluang membiasakan diri dalam mengerjakan soal literasi dan numerasi, kedua, melalui try out anak-anak dapat mengenal sistem aplikasi pengerjaan soal. Tak hanya itu,  try out juga bisa menjadi ajang  berlatih anak-anak dalam mengerjakan soal olimpiade sehingga ketika ada perlombaan-perlombaan tingkat regional dan nasional mereka dapat bersaing, tutupnya.

Selama ini pelaksanaan try out kelas Idaman menggunakan sistem berbasis komputer dengan menggunakan aplikasi bernama moodle, buka Sifa Safiul Mahfud Penanggungjawab sekaligus operator. “Aplikasi moodle merupakan aplikasi sistem pembelajaran yang bersifat open source, bebas dipakai oleh siapa saja tanpa harus membayar. Aplikasi ini cenderung mudah sebenarnya, hanya saja butuh proses sehingga bisa dipakai sebagai sistem pembelajaran. Selain aplikasi, instrumen pendukung lain dalam pelaksanaan ujian berbasis CBT adalah server, jaringan lokal serta client, terangnya.  

Selain sistem IT yang memadai, soal juga menjadi bagian penting dalam try out bidang studi jurusan. Untuk soal try out kemarin sudah mulai mengadaptasi model soal akm, ada pilihan ganda, pilihan ganda komplek, isian singkat, mencockkan serta soal benar salah. Diharapkan dengan menggunakan model tersebut dapat membiasakan siswa untuk menjawab soal-soal akm nantinya serta dapat merangsang peningkatan kemampuam literasi siswa, imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya try out, tidak jarang muncul beberapa kendala dari sistem IT ataupun teknis lainya. Namun, setiap masalah itu selalu bisa teratasi dengan bantuan tim pengurus kelas idaman dan ahli IT Tim Tata Usaha yang alhamdulillah sudah paham dengan permasalahan yang sering muncul, tutup guru PAI tersebut.

Ramlin/Humas

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT